1. CC201
Lokomotif CC201 adalah lokomotif buatan GE (General Electric) Lokomotif ini berjenis U18C .lokomotif CC201 memiliki berat 84 Ton dan memiliki daya mesin 1950 HP (Horse Power) , Lokomotif ini memiliki 2 bogie masing-masing memiliki 3 gandar dan 6 penggerak motor . Lokomotif ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120km/jam namun lokomotif ini dibatasi melaju dengan laju maksimal 90km/jam. CC201 juga merupakan salah satu lokomotif GE Transportation yang paling sukses di Indonesia, mengingat ketersediaan suku cadang yang Cukup dengan mesin yang Mirip CC203 , CC204 dan CC206 semua bermesin GE 7FDL-8.Posisi lokomotif diesel hidrolik (DH) pun juga banyak terganti oleh lokomotif ini. Semua lokomotif CC201 kecuali yang berada di Sumatera Selatan dan Lampung sudah menggunakan livery terbaru PT.KAI Untuk lokomotif yang berada di Sumatera Selatan dan Lampung juga sudah menggunakan logo baru PT KAI, namun masih mempertahankan livery merah-biru Perumka. Umumnya lokomotif CC201 di Jawa memiliki bentuk seperti BB203. namun tidak untuk di Sumatera Selatan yang berada di DIVRE 3 Beberapa lokomotif CC201 di sana memiliki bentuk yang sangat mirip dengan CC203 yang berada di Pulau Jawa .
2. CC206
Awal mula lokomotif berkabin ganda dapat dilacak dari keberadaan lokomotif-lokomotif yang sudah berpredikat simbah seperti cc200 , BB301 , BB304 , dan BB305 Model CFD . Namun, semua lokomotif itu sudah berumur lebih dari 30-40 tahun dan
banyak dilakukan pengafkiran/perucatan terhadap lokomotif itu (apalagi
CC200 sudah berumur di atas 60 tahun dan seluruh BB305 telah dirucat.
Lokomotif berkabin ganda tersebut didesain agar tidak terus diputar di pemutar rel sebelum beroperasi menarik kereta ekspres.
Pada tahun 2000-2010 PT.KAI membuat terobosan
bagaimana jika PT.KAI memiliki lokomotif yang kuat, berkabin ganda, dan
dilengkapi teknologi komputer semacam BrightStars yang sebelumnya ada
pada Lokomotif CC204 , Pengadaan CC204 selama beberapa tahun terakhir
juga kurang efisien,
karena per tahunnya hanya sedikit lokomotif diproduksi. Akhirnya, ide
pemesanan lokomotif CC206 ke GE muncul pada tahun 2010
untuk menambah armada PT KAI dan akan digunakan untuk angkutan
barang di Pulau Jawa. Juga pemesanan lokomotif kali ini tidak
sedikit-sedikit seperti CC204, melainkan dengan jumlah banyak, menjadi
rekor pemesanan lokomotif terbanyak PT KAI karena kali ini mendatangkan
100 unit dalam 1 tahun saja. beda dengan CC206 yang didatangkan
besar-besaran yaitu Lebih dari 100 unit . Mesin CC206 adalah GE7FDL-8 Mesin terbaru yang emisinya sama dengan Dash-9 AmerikaDan Lokomotif CC206 Memiliki kekuatan mesin 2250 HP (Horse Power) , dayanya lebih tinggi 100 daya dibanding CC203 yaitu 2150 HP (Horse Power) . Perangkat elektroniknya GE Brightstar .dengan Layar monitor GE Integrated Function Display (GEIFD) . ini menjadikan CC206 Layar Monitor kendali kedua diindonesia setelah CC204 . Lokomotif ini juga memiliki klakson dari Lokomotif lainnya yang sering dijuluki ''Sipoungson'' daya angkut 20 -30 Gerbong .
wah keren abang :*
ReplyDelete